Lhokseumawe (ANTARA Aceh) – Pemerintah Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, kembali melaksanakan pemilihan imam teladan tahun 2016, untuk diberangkatkan umrah.

Pemilihan yang dibuka Wali Kota Lhokseumawe Suaidi Yahya di aula gedung Hasby Ash Shiddiqy itu diikuti oleh imum gampong (imam desa) dan juga imam masjid di seluruh wilayah itu.

Wali Kota mengatakan, tujuan dilakukannya pemilihan sebagai langkah memberikan penghargaan kepada imum gampong dan juga imam masjid dalam melaksanakan tugasnya memberikan pelayanan keagamaan kepada masyarakat.

Apalagi, tugas imum gampong begitu berat, karena tidak sebatas memberikan pelayanan keagamaan semata. Akan tetapi, dalam budaya masyarakat Aceh, peran imam gampong juga terlibat dalam berbagai persoalan sosial dalam kehidupan masyarakat di desa-desa, ungkap Suaidi Yahya.

Sebutnya lagi, setiap tahun selama masa kepemimpinannya, pemilihan imam teladan selalu digelar, sehingga memberi kesempatan kepada semua imam, untuk mendapatkan tiket umrah gratis.

Terhadap imam yang belum mendapatkan kesempatan umrah melalui pemilihan imam teladan dimaksud, diharapkan pada tahun 2017 dapat terealisasi semuanya, terang Wali Kota Lhokseumawe.

Sementara itu, Kepala Dinas Syariat Islam Kota Lhokseumawe Zulkifli menambahkan, yang mengikuti kegiatan dimaksud, merupakan imum gampong dan juga imam masjid yang ada di seluruh wilayah Pemko Lhokseumawe.

Sebutnya, kegiatan pemilihan imam teladan 2016 tersebut, dilakukan hingga 3 April mendatang, dengan sejumlah materi yang berupa ujian tulis dan juga ujian praktek serta observasi terhadap kegiatan dan aktivitas imam tersebut di tempat tugasnya masing-masing.

Lebih lanjut, ia mengatakan, dari hasil pemilihan imam teladan akan dipilih sebanyak 40 orang imam teladan yang akan diberangkatkan umrah secara gratis pada tahun 2016.

 

Editor: Salahuddin Wahid

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Halaman ini Sudah dilihat Sebanyak
141 Kali